Jumat, 31 Juli 2009

Keep Fighting!

Aku Ryan Paradipta.


Umur          : 20 tahun (anggep aja begitu, kurang 1 bulan ini)


Pendidikan : Mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Jogjakarta


Hal ini yang paling sering bikin capek kita. Ditanyain hal yang sama hampir setiap kali ketemu orang baru di tempat yang baru. Mungkin kalo kita diem aja tanpa jawab semua pertanyaan itu, ada 2 kesimpulan sekaligus pertanyaan dari orang yang tanya ke kita :


1. Nih orang bego apa idiot sih ditanyain diem aja?

2. Apa gue yang bego apa idiot ya tanya sama orang gak jelas gini?


Gak dink, paling mereka cuma mikir kok orang sombong banget sih ditanyain gak jawab gitu. Yaaah, begitulah perasaan yang sering aku alami selama ini. Mau jawab males banget rasanya, tapi diem aja juga gak enak. Sebenernya yang aku masalahin itu bukan statusku lah, pendidikanku lah, umurku lah, dan lain sebagainya. Aku gak pernah malu untuk mengakui apa atau siapakah diriku yang sebenernya ini. Tapi, yang jadi masalah adalah, selama aku hidup 20 tahun ini aku sama sekali belum pernah menghasilkan hal yang berguna buat hidupku dan termasuk membahagiakan orangtuaku.


Das! Itu sebuah masalah besar untuk seorang laki-laki yang merasa tidak pernah melakukan hal yang membanggakan bagi orangtuanya. Jujur aja, selama ini aku cuma bisa nyusahin orangtua aja kerjaannya. Pernah waktu dulu kelas 1 SMA belum genep 1 semester kuliah udah diskors 3 hari gara-gara tawuran. Dan yang paling mengagetkan sekaligus menyedihkan, korban dari SMA musuhku adalah temenku sendiri waktu jaman SMP gitu. WOW! That's good. Wkwwk. Bodohlah pokoknya. Akhirnya waktu pun berjalan, dan akhirnya rapotan pun tiba. Hari Menyebalkan dimana semua guru berkumpul dan berkongsi jahat untuk mencerca anak didiknya. Haha. Gak dink. Itu cuma pikiran sirik gue ke guru-guru jaman SMA dulu sangking dongkolnya yang namanya GURU. 


Ya, hari menyebalkan itu pun tiba. Hari penentuan akhir 2 semester yang menentukan apakah kita naik ataukah kita tinggal di kelas bersama teman-teman baru yang lebih muda dan culun a.k.a GAK NAIK KELAS.  Dan akhirnya kakak gue yang ngambilin rapot ke sekolah gue dan gue dengan santai nunggu dirumah. Tapi, waktu pulang tiba-tiba ada berita yang tidak menyenangkan. GUE GAK NAIK KELAS. Bisa dibilang gitu karena kalo gue gak bikin surat perjanjian bermaterai sama kepala sekolah gue, gue gak bakalan bisa ngelanjutin kelas 2 di SMA gue itu. WOW. Sekali lagi benar-benar pengalaman yang menyenangkan bukan?


Yaah, karena itu, kadang-kadang gue mikir kalo status dan pendidikan bukanlah sesuatu yang penting d dunia ini. Banyak hal yang sebenernya lebih penting daripada segala hal itu. Tapi tetep aja jadi orang bego kalo sekolah SMA gak bisa lulus gara-gara masalah kayak tawuran dan lain-lain itu. Haha.


Maksudnya di sini gak penting itu ya, menurut gue semua itu gak penting untuk menghadapi kehidupan yang sesungguhnya di dunia yang sebenernya serba semu ini. Gue gak bilang dunia akhirat lho.


Yup, menurut gue, hal yang sesungguhnya kita perlukan itu skill. Bukan berarti, khususnya yang gue garis bawahin itu pendidikan, gak penting secara keseluruhan. Skill atau keahlian dan ketrampilan seseorang gak akan bisa dia gunakan secara maksimal kalo dia gak punya pendidikan yang cukup, dan begitu juga sebaliknya. Otomatis secara gampangnya, semuanya harus seimbang takarannya. Jangan cukup puas dulu dengan apa yang kita dapet dari sebuah pendidikan di kampus. Mungkin banyak orang yang bilang kalo kuliah di Kampus A itu bisa menjamin masa depan karena Kampus A terkenal dengan kualitas dan mutu serta channel ke pekerjaannya itu gampang banget. Lulusan dari Kampus A katanya berkualitas dan punya IPK rata-rata 3,7. Tapi sejujurnya, di kehidupan dunia kerja, latar belakang yang bagus kayak gitu gak ada gunanya kalo sama sekai gak punya skill. Yaaah, gak cuma TEORI yang kita andelin, tapi kita juga harus PRAKTEK langsung. Betul tidak?


Jujur aja, selama 19 tahun ini gak pernah sekalipun punya prestasi yang bisa gue banggain. Belum ada hal yang bisa gue hasilkan dan banggakan kepada orangtua gue.. Menyedihkan, jadi selama ini hidup buat apa ya? Hahahaha.


Temen SMA gue pernah ada yang curhat sama gue masalah dapetin beasiswa dari kampusnya dan dia mati-matian untuk berusaha dapetin beasiswa itu. Yang bikin gue kaget itu bukan jumlah uangnya, tapi tujuan dia dapetin uang beasiswa itu cuma 1 hal yang jadi utama. Selama hidup di dunia selama 20 tahun, dia pengen banget beliin orangtuanya makanan yang mahal dengan uang hasil usahanya sendiri. WOW. Hal itu benar-benar membuat gue sadar kalo selama gue idup belum pernah sekalipun beliin makanan buat bonyok dengan uang hasil usaha sendiri. Huhuw..


Well, setidaknya curhatan temen gue itu udah memotivasi gue untuk melakukan perubahan dalam hidup gue yang udah gue jalanin selama 20 tahun ini. Mudah-mudahan, curhatan dia gak hanya memotivasi gue sendiri, tapi semua memotivasi orang yang udah mau membuang waktunya untuk membaca blog bodoh ini. Mungkin hal yang dia curhatin ke gue itu menurut orang lain cuma hal yang lumrah dan biasa. Tapi, buat orang seperti gue, itu sebuah motivasi yang sangat mahal harganya. Karna, kadang kita semua gak tau dan gak pernah perhatian dengan hal-hal simpel yang ada di sekitar kita jadi kita gak pernah menganggapnya itu sebuah hal yang penting. Tapi menurut gue, hal sesimpel itu bisa membuat perubahan terbesar dalam diri gue selama hidup ini.


Kekasih gue si Venny pun gak pernahh brenti-brentinya ngingetin gue untuk do the most important thing tiap hari, yaitu sholat. Yep, dia selalu ingetin gue di akhir telponnya di setiap malem dengan pertanyaan : "Ndut, kamu udah sholat belom? Sholat dulu gih, keburu tidur lho..."  Menurut gue, cinta Venny ke gue bener-bener dia buktikan lewat ucapan itu. Mungkin simpel, tapi coba hargai dan pahami maknanya. Artinya besar banget bagi gue dan selalu bikin gue inget untuk kewajiban gue untuk solat tiap hari. Makasih yank.


Anyway, postingan yang satu ini mungkin agak gak nyambung dan terlalu membingungkan buat yang baca. Ya, gimana pada gak bingung, gue yang nulis aja gak ngerti sama sekali apa yang uda gue tulis. Hedeh.


Intinya yang cuma gue tau itu, semua orang itu punya skill dan kemampuannya masing-masing. Setinggi apapun status dan pendidikan orang itu, kalo orang itu gak punya "nilai lebih", dia sama sekali gak akan pernah bisa maju. Kecuali kalo cuma mau jadi orang yang stagnan diem ditempat dan cukup puas dengan hal yang uda kita dapetin, ya gak usa perlu repot-repot mikirin hal lain. Setiap orang udah punya jalan hidupnya masing-masing yang udah digariskan oleh Allah. Selanjutnya, jadi lebih baik atau lebih buruk itu tergantung dari kita yang berusaha dan menjalankan.


Menurut gue, dengan gue pindah kuliah di kampus lain dan mengambil jurusan mata kuliah yang gak ada miripnya sama sekali sama kuliah yang uda gue pernah ambil sebelumnya, merupakan sebuah usaha dan kerja keras yang pernah gue lakuin. Kok bisa?


1. Gak gampang buat mutusin pindah kuliah segampang itu dengan jurusan yang sama sekali beda.


2. Gak gampang buat yakinin bonyok kalo kita udah berubah dan berusaha sekerasnya di kampus yang baru.


3. Hal yang gak bisa dipungkiri : BIAYA KULIAH. Jujur mahal banget. Berat dan malu buat minta sama orang tua itu yang paling jadi masalah.


Yaaah, walaupun biaya kuliah masih minta orangtua, gue yakin itu usaha gue yang paling baik buat berubah. Ya, bukan berarti orang yang mau berubah harus pindah ke kampus lain lah! Tapi, menurut gue, daripada gue buang-buang duit orangtua gue selama gue kuliah tapi gue nantinya bakalan nyesel, mendingan nyesel sekarang aj daripada nyesel besok. Gue yakin sama gue yang ambil sekarang, karna gue juga gak maw ngecewain bonyok lagi dan gue juga mau ngrubah hidup gue dengan cara gue sendiri. Gue yakin, selama gue tetep pada prinsip gue dan yakin gue bisa, gue pasti bisa. Gak ada yang mustahil di dunia ini, kecuali Allah menghendakinya. Betul tidak?


Kalo kia semua dah yakin dengan apa yang kita pegang sebagai prinsip, kita harus memegang prinsip itu dengan teguh dan yang kedua, kita tinggal lakuin aja dan buktiin bisa gak kita jadi orang yang bertanggung jawab sama omongan kita sendiri.


Yaaah, mudah-mudahan postingan kali ini cukup untuk membuat  orang yang bernasib sama denganku jadi sadar dan merenungkan hidupnya selama ini :


Apa yang udah bisa dia sombongkan untuk hidup sebagai manusia biasa, sehingga dia mampu mengatakan hidupnya lebih sempurna dan lebih baik daripada orang lain, terutama dengan kerja dan ikhtiarnya selama hidupnya.


Kata-kata gue di atas itu mungkin bikin bingung, karna gue aja sempet bingung bacanya, tapi serius, tolong renungkanlah. Dan tolong, sampaikan sama semua orang yang merasa dirinya selama ini udah ngejalanin hidupnya tanpa semangat. Yang paling utama, Be Yourself! Kalo postingan ini menurut lo gak ada gunanya, jangan hiraukan blog bodoh ini dan biarkanlah hidupmu tetap berjalan sebagaimana yang udah kamu jalanin selama ini.


Yang terakhir, terimakasih buat ibu yang punya warung makan Jawa Timuran deket rumah gue, untuk kata-kata yang sempet gak sengaja gue kuping dan akhirnya dapat cukup meyakinkan gue dengan hal itu, dan jujur kata-kata beliau yang gue kutip di bawah ini merupakan hal yang paling NYATA di dalam kehidupan yang serba SEMU ini.




"Sepinter apapun orang itu, lha wong masih enak jadi orang bejo (beruntung) kok!"






Hmm, se-simpel itulah idup kita di dunia ini. Tinggal pilih mau jadi yang mana dan... Please, keep carry on your own life...

5 komentar:

venny mengatakan...

haha.. bener juga sih kata ibu itu. tapi kalo yang tak pake tu ini yanx.. "orang bego kalah sama orang pinter, orang pinter masih kalah sama orang bejo, tapi sebisa mungkin kita harus berusaha jadi orang pinter yang bejo" hehe asik kan.. :p
Masak iya sih kita harus mengandalkan 'KEBEJOAN' kita terus dalam segala hal??? contohnya waktu mau tes2 kemaren. ya snmptn lah, geo lah, inget gak yanx aku slalu bilang apa "kok kamu mau tes gak ada persiapan sama sekali to?mbok belajar.." ehhh jawabanmu enteng banget "ahhh..ngandelin bejo dong"
trus sekarang buktinya apa?? barusan cek pengumuman ga ada kan.. yawda gak papa kalo emang ga bisa di negri yang penting apa yang ada sekarang harus dijalani sungguh2, jangan sampe gak niat kayak dulu lagi. ok cin?? keberhasilan seseorang gak tergantung dari dimana kita kuliah, kita anak siapa atau apalah gitu kok.. sekali lagi, YANG PENTING KITA MUSTI BERUSAHA..
wake up hon, this is the real world.yang penuh persaingan.
keep fightin!!!!!

sunett mengatakan...

lha nek pancen ra sinau ki yo jenenge ra niyat ujian toh yoooo.... iyo ora???


yooossshhh... saiki membuka lembaran baru yo mbul. Buktikan!!!

Btw, kuwi omongane ibu itu ketoke rodo ngampleng aku... ixixixixixixix... :P

RimbaADM mengatakan...

Hanya sekedar info ya kak
http://referral.mentaripoker.com/ref.php?ref=KARO
mentaripoker situs poker online pertama anti bot anti admin dan cheating
BONUS Special kami melakukan Withdraw + BONUS 10%
Deposit 3x BONUS 10%
DEPOSIT BONUS 100% juga ada
Hubungi Livechat kami untuk memudahkan komunikasi kak
daftarnya masuk http://referral.mentaripoker.com/ref.php?ref=KARO

RimbaADM mengatakan...

Hanya sekedar info ya kak
http://referral.mentaripoker.com/ref.php?ref=KARO
mentaripoker situs poker online pertama anti bot anti admin dan cheating
BONUS Special kami melakukan Withdraw + BONUS 10%
Deposit 3x BONUS 10%
DEPOSIT BONUS 100% juga ada
Hubungi Livechat kami untuk memudahkan komunikasi kak
daftarnya masuk http://referral.mentaripoker.com/ref.php?ref=KARO

RimbaADM mengatakan...

Hanya sekedar info ya kak
http://referral.mentaripoker.com/ref.php?ref=KARO
mentaripoker situs poker online pertama anti bot anti admin dan cheating
BONUS Special kami melakukan Withdraw + BONUS 10%
Deposit 3x BONUS 10%
DEPOSIT BONUS 100% juga ada
Hubungi Livechat kami untuk memudahkan komunikasi kak
daftarnya masuk http://referral.mentaripoker.com/ref.php?ref=KARO

Super Mario Game