Rabu, 19 November 2008

Balada Anak Jalanan

November 20, 2008
Thursday

Hmm... It's been a long time yaah gak posting...
Gara-gara jadwal kuliah yang padat ini...
Padahal banyak cerita yang maw gw share, tapi gak sempet-sempet.. hehe.

Anyway, gw mengalami sebuah kejadian yang bikin gw terharu.
Haha.
Mungkin semua orang udah pernah ngalamin kejadian simpel ini, gw juga sering banget, tapi baru kali ini gw sukses terharu karenanya.

Kira-kira mungkin sekitar seminggu yang lalu.
Gw lagi naik sepeda motor waktu itu. Gw abis ngeband ma anak-anak, trus mau pulang kerumah. Diajakin nongkrong sih, tapi gak tau napa gw pengen langsung cepet-cepet pulang. Merindukan kasur gw yang gempal itu. Hehe.

Pas gw brenti di traffic light deket KFC Jalan Kaliurang, gw dideketin ma anak-anak jalanan gitu. Gw pertamanya takut, jangan-jangan mau diperkosa lagi gw. Haha. Y gak lah. Salah satu dari mereka deketin gw. Kasihan banget mukanya. Kurus, kering kerontang, gak pake alas kaki, bajunya sobek-sobek, tapi masih bisa senyum ke gw. Itu yang bikin gw takut dan kaget. Hehe.

Bisa-bisanya dia kasih senyum ke gw, padahal belum tentu gw kasih uang ke dia. Lagipula banyak anak jalanan yang gak sengaja gw temuin di lampu merah mereka semua kurang ajar. Ada yang pernah ngatain gw lah gara-gara gw cuma kasih Rp 500! Itu kan duit guys! Huh.

Tapi ini beda. Dia senyum ma gw. Yap senyum dengan hangat ke gw. Tapi gw sadar kalo' gw bukan homo. Jadi gw pura-pura jutek aja. Pretend as an idiot, dont know what happen. Hehe. Dia deketin gw sambil bawa sulak dan sebuah lap kecil yang sumpah kumelnya minta ampun. Gw terkejut banget. Gw shock. Mungkinkah gw bakal dibius pake lap kecil itu (kayak di film-film penculikan kan obat biusnya ditaruh di lap, trus korbannya dibius dengan cara ditutup hidungnya sama para penculik). Mungkin kalo pake lap itu  gak perlu pake obat bius lagi, gara-gara baunya mungkin dah cukup bius orang. Hehe. Tapi gaklah, gw harus berpikir positif!

Tiba-tiba, terjadi sebuah percakapan antara gw dan dia.

Anak Jalanan Yang Kasihan Itu (AJYKI)
Ryan Yang Amat Ganteng (Gw)

AJYKI : "Mas, motornya bagus. Tapi kotor, saya bersihin ya mas"
Gw : "Ga usah"

Gw kalo inget waktu itu gw jutek banget dan sombong banget gw malu rasanya. Sumpah gw nyesel banget sampe sekarang.

AJYKI : "Saya bersihin aja mas, kasian nanti motornya"
Gw : "Gw kan dah bilang, ga usah!"
AJYKI : "Tapi ini buat makan mas"
Gw : "Gw dah makan"

Buset, waktu itu gw bego banget. Hehe. Malah gw bilang gw dah makan.

AJYKI : "Saya yang belum makan 5 hari mas, cuma air putih doank"

Jedeeer!! Pertahanan iman gw langsung runtuh. Dia belum makan 5 hari dan dia masih bisa jalan, nyari duit di jalanan gitu seharian nonstop tiap hari? Buseeet! Gak makan berapa detik aja gw berasa mau mati! Bayangin 5 hari! Apa kata dunia? (loh?)

Begitu dia ngomong gitu, gw langsung ngasih duit ke dia. Gak perlu berapa gw sebutin berapa jumlahnya soalnya gw lupa. Hehe. Tapi yang jelas, kejadian itu, walaupun sepele banget buat orang-orang yang tiap hari makan, buat gw gak. Sumpa, gw sempet gak enak mau makan kalo bayangin nasib anak jalanan itu. Gw sampe sekarang masih heran ma dia, semangat dia cuma buat nyari makan, padahal orang-orang yang punya uang berlebih gak mau ngasih uang ke dia, ya termasuk gw juga sih waktu itu. Hehe.

Tapi at least, gw langsung kasih dia duit karena gw gak tegaan orangnya. Gw kan jutek gara-gara dulu gw pernah dikata-katain ma anak jalanan, gara-gara cuma kasih 500 perak. Harga diri gw tinggi! Hehe.

Sejak kejadian itu, gw sadar Gw salah kalo cara gw menyikapi anak jalanan itu dengan jutek. Gw itu anak sosial. Gw belajar sosial 3 tahun, tapi gw gak punya rasa sosial sama sekali. Sekarang gara-gara anak jalanan itu gw berubah. Gw mencoba bersikapa ramah sama semuanya. Mau itu anak jalanan, mau anak cacat, mau anak maling, mau anak bawang (mana ada anak bawang, hehe), semuanya gw sambut ramah. Gw kasih duit sepantasnya buat mereka.

Setiap manusia punya misi dan visi sendiri dalam hidupnya. Istilahnya mereka punya GOAL masing-masing dalam perjalanan hidup mereka. Entah itu apa, karena tiap orang beda-beda. Padahal gak semua orang ngerti dengan jelas apa tujuan hidup mereka di dunia. Apa goal yang harus mereka capai dalam jangka waktu di dunia yang sangat terbatas ini. Belum tentu mereka punya rencana apa yang harus mereka kerjakan. Tapi bagi para anak jalanan ini sangat jelas sekali. Mereka punya goal setiap harinya dan harus selalu berhasil tercapai. Mereka punya goal yang sangat menetukan hidup mereka. Yap. Goal mereka adalah bagaimana mereka bisa makan dan minum tiap hari, dan bertahan hidup dalam dunia rimba yang sangat keras-kejam ini.

Seharusnya kita malu. Kita bisa makan minum tiap hari. Main komputer, main PS tiap hari tanpa perlu memikirkan hari esok kita makan apa karena makanan sudah tersedia di meja makan tiap hari. Tapi bagi mereka? Untuk dapetin sesuap nasi mereka harus mengemis, kadang-kadang sampai mengais tempat sampah hanya untuk mengenyangkan perut mereka. Dan mereka masih memberikan senyuman buat kita. Luar Biasa.

Yup, that's it! Cerita ini yang bisa gw share kali ini. Walaupun cuma simpel, gw harap ini berguna buat kalian semua yg ngerasa udah juteg ma anak jalanan. Tidak seharusnya mereka diperlakukan seperti itu. Mereka sederajat dengan kita. Mereka juga manusia. Dan cobalah membuat perubahan kecil dari dirimu untuk mereka, senyuman kecil dan imbalan yang sepantasnya untuk mereka akan membuat mereka lebih bersemangat dalam bertahan hidup. Dan setidaknya mereka telah merasa di"manusia"kan pada kita. Manusia tidak selalu di atas, ada kalanya kita dibawah meminta-minta dan kita di atas memberikan.

Huff.. Thanks for your attention.
This time and now, i feel better than yesterday. What about you?

xoxo

1 komentar:

sunett mengatakan...

eh gembrotku cintakuh... diboongin kamu kalo dia bilang 5 hari nggak makan. kalo dia 5 hari nggak makan, yang ada juga udah pingsan. sehari, berapa kali lampu merah di perempatan nyala? berapa banyak orang yang kasih dia duit tiap kali lampu merah nyala?

good point, though, kalo dengan inget dia kamu jadi nggak doyan makan. IMHO, harusnya yang bikin kita kasian itu, untuk cari makan aja dia harus boong. berapa banyak orang indonesia yang kesulitan cari makan, dan kamu malah enak2an ngabisin2 duit. ngepit kono le. ngebis. :P

piye?

Super Mario Game